Memories [Part 1: First Day]

Hari ini. Hari yang begitu melelahkan bagiku. Hari dimana diriku dipaksa untuk kembali beradaptasi dengan suasana kelas yang baru. Ketahui saja, aku tidaklah pandai beradaptasi dengan orang baru. Maka dari itu, aku lebih memilih untuk diam, dan menunggu seseorang mengajakku bergabung. Aku tidak pernah ingin dianggap sebagai pribadi yang SKSD (Sok Kenal Sok Dekat), sehingga membuat image awal ‘SKSD’ pada diriku. Percaya saja, image awal akan selalu menempel pada diri kita.

Aku bersama 4 orang sahabatku, Wendy, Fenny, Adilah, dan Nissa sedang berjalan mengelilingi koridor kelas, melihat sebuah kertas yang tertempel di depan pintu tiap-tiap kelas XI—apakah diantara nama kita ada di sana? Satu persatu temanku mulai menemukan kelasnya, hanya tersisa aku dan Wendy saja yang masih belum menemukan kelas. Aku masih berharap semoga di kelas baruku anggotanya tidak aneh-aneh, sehingga tidak terlalu menyulitkanku untuk beradaptasi.

Kelas IPA terakhir yang kulihat, IPA 8. Tertera nama temanku di sana, ’Wendy Novia’, dan di barisan paling atas tentu saja tertera namaku, ‘Nadine Talyssa’, serta dibawahnya terdapat nama-nama yang sudah pasti tidak kukenal. ‘Oke, semangat Nadine! Kau pasti bisa. Beradaptasi itu tidaklah sesulit yang kaukira. Hanya sebuah perkara yang mudah. Tenang saja,’ pikirku dalam hati berusaha menenangkan diri. Tanpa berpikir terlalu banyak lagi, aku langsung meminta Wendy untuk duduk sebangku denganku, sama seperti halnya sewaktu kelas X.

Aku dan Wendy langsung memasuki kelas, dan, yah, sudah lumayan penuh—kira-kira baru terisi setengahnya dari jumlah murid yang ada. Kami langsung menuju bangku yang menurut kami letaknya strategis—tidak terlalu depan, namun tidak terlalu belakang—yaitu, bangku barisan ke tiga dari dekat pintu dan kolom ke tiga dari depan. Kami segera meletakkan tas kami dan mencoba duduk di sana untuk sekedar basa basi, lalu segera pergi keluar meninggalkan kelas menuju beberapa sahabatku untuk berbincang-bincang di luar kelas.

“Pasti kalian sebangku, ya? Ih, kalian enak ya langsung dapet temen sebangku,” ucap Fenny ketika kami datang menghampirinya yang sedang berdiri tepat di depan kelasnya, kelas IPA 7. “Kalau aku harus nyari lagi. Tapi tadi untungnya ada anak baru yang mau sebangku sama aku.”

Kami hanya mengangguk mengisyaratka jawaban ‘ya’, dan mengangguk karena menanggapi cerita Fenny. Tiba-tiba, Adilah dan Nissa datang menghampiri kami bertiga, baru saja keluar dari kelas mereka masing-masing. Adilah dari kelas IPA 6, sedangkan Nissa dari kelas IPA 5. “Hey, kalian!” sapaku.

“Hei! Duduk di sini yu!” seru Nissa, lalu segera duduk di lantai tepat di depan kelas Fenny. Kami berlima pun segera mengikuti Nissa duduk di lantai, dan setelah itu kami saling berbincang satu sama lain—menceritakan keadaan kelas masing-masing, menceritakan bagaimana anggota murid di kelas masing-masing, apakah ada yang eksis atau aneh-aneh, dan masih banyak lagi yang kami ceritakan.

Tak lama setelah kami berbincang, bel berbunyi dan tentu saja kami berpisah kecuali aku dan Wendy yang berada satu kelas. Pelajaran hari pertama, sudah pasti adalah pelajaran perkenalan. Yah, selalu seperti itu.

Oke, kami memasuki kelas dan, oh ternyata ada beberapa teman SMP yang kukenal, beberapa anak eksis, dan beberapa anak pintar sewaktu kelas X. Wow! Persaingan semakin ketat.

Yah, begitulah keadaan kelas baruku. Namun, belum kukenali satu persatu anggota yang ada di dalamnya kecuali Wendy yang sudah kukenal sejak kelas X. Entah mungkin ada perbedaan setelah aku mengenal kelas baruku ini. Apa itu perubahannya, aku tidak tahu, tapi suatu saat aku akan tahu itu.

Oke, hari pertama berhasil kulalui. Bagaimana dengan hari-hari berikutnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s