Engineer the Tools of Scientific Discovery

Engineer merupakan jembatan terhadap pemenuan ilmiah baru. Seiring perkembangan jaman, tentunya akan ditemukan sebuah penemuan baru dan pengetahuan baru, baik fisik maupun biologis. Teknologi baru dan alat-alat baru yang lebih canggih pun akan semakin berkembang dan berevolusi sesuai jamannya. Revolusi berperan untuk mengamati dan mengukur karakteristik penemuan ilmiah dalam periode tertentu. Seperti halnya penemuan mikroskop yang merupakan suatu alat yang dapat melihat materi yang lebih kecil dan telah dikembangkan dari periode sebelumnya menjadi lebih modern dan sederhana, sehingga memudahkan bagi para penggunanya.

Para engineer dan ilmuwan tentunya akan saling bekerja sama dalam proses penemuan ilmiah. Para ilmuwan yang tugasnya bereksperimen, mengeksplorasi, dan menemukan sedangkan engineer tugasnya adalah membuat, membangun, dan mendesain. Namun seiring perkembangan jaman, para insinyur seringkali ikut berpartisipasi dalam proses penemuan ilmiah karena penemuan ilmiah selalu membutuhkan keahlian teknik untuk merancang suatu alat, memprogram, dan mendesain suatu sistem untuk memperoleh penemuan ilmiah yang baru.

Salah satu permasalahan yang muncul saat ini adalah mengenai penelitian biologi. Penelitian biologi merupakan salah satu aspek yang dibutuhkan pada saat ini. Masih banyak pengetahuan biologi yang belum diketahui dan ditemukan oleh para ilmuwan. Misalnya, misteri otak manusia yang hingga saat ini belum terpecahkan. Jangankan alam, diri kita sendiri pun masih menyimpan tanda tanya mengenai cara kerja otak. Otak manusia, dapat disamakan dengan cara kerja prosesor komputer. Hingga saat ini, para ilmuwan masih terus mencoba mencari penjelasan ilmiahnya. Beberapa misteri otak yang hingga saat ini belum terpecahkan diantaranya kesadaran, pemicu otak, daya ingat, tidur, mimpi, dan masih banyak lagi.

Untuk menjelajahi dan mencari tahu mengenai hal tersebut, ahli biologi tentunya akan membutuhkan bantuan teknik dengan bekerja sama dengan para engineer untuk menciptakan sebuah alat baru yang lebih canggih dan modern. Alat tersebut dapat berupa sebuah mikroskop dalam jenis baru, atau metode biokimia baru yang dapat menyelidiki organ tubuh dan molekul kecil. Matematika dan komputasi pun dibutuhkan untuk menyusun sebuah sistem biologi guna mempermudah para ilmuwan melakukan penelitian, seperti dapat menunjukkan cara perawatan yang lebih baik dalam menangani penyakit dan pemahaman yang lebih baik mengenai cara hidup sehat. Mirip dengan munculnya alat-alat baru untuk mengamati dunia sekitar kita, teknik untuk pemodelan dan simulasi dari matematika pun dapat dijadikan struktur untuk mengintegrasikan pengetahuan yang diperoleh untuk memprediksi respon atau hasil yang akan diperoleh dari sebuah penelitian.

Misteri lain yang muncul antara lain mengenai pembentukan tata surya. Banyak hal mengenai tata surya yang ingin dieksplorasi misalnya mengenai sebuah kehidupan baru dan fenomena baru. Ukuran alam semesta dan usia memang melebihi jangkauan pemikiran manusia. Sungguh luar biasa, betapa tidak, seluruh alam semesta muncul dari sebuah titik bola api yang sangat kecil. Berbagai materi dan energi bersatu membentuk sebuah sistem tata surya seperti galaksi, bintang, dan planet-planet yang bahkan isinya lebih kompleks lagi seperti unsur, materi, dan atom.

Namun hingga saat ini, para ilmuwan tidak tahu secara garis besar dari apa alam semesta terbentuk. Mereka hanya mengetahui sebagian kecil saja mengenai materi dan energi. Sebagian besar materi belum diketahui identitasnya, bahkan mengenai energi misterius yang dapat memberikan sebuah gaya tolak pada ruang.

Untuk itu, pentingnya keberadaan seorang engineer adalah guna menciptakan alat-alat baru yang dapat memecahkan semua permasalahan tersebut. Menciptakan alat-alat yang lebih baik, lebih modern, lebih sederhana, dan tentunya lebih murah untuk mencari jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Alat tersebut dapat berupa sebuah penemuan teleskop baru jenis ruang angkasa dengan skala dan pembesaran yang jauh berbeda dari jenis teleskop sebelumnya, baik di darat maupun di ruang angkasa.

Namun, akankah dengan cara ini misteri alam semesta dapat terungkap? Tak hanya menciptakan sebuah alat, penyelidikan pun perlu dilakukan lebih lanjut dengan menerapkan berbagai hukum dasar fisika yang telah ada sebelumnya mengenai energi dan materi, memanfaatkan aspek sains dan matematika yang telah ada. Berbagai aspek lain yang dapat diselesaikan dengan sains dan matematika adalah, cara menstabilkan populasi manusia dengan perhitungan matematika, transisi bahan bakar etanol tanpa mengacaukan produksi pangan, dan yang etrpenting adalah bagaimana cara mengalokasikan sumber daya alam yang semakin berkurang dengan memanfaatkan sains melalui fenomena-fenomena alam yang ada dan membuat sebuah sistem dengan memanfaatkan matematika untuk mengalokasikan sumber dayya alam.

Mencari tahu mungkin memerlukan alat baru untuk membuka misteri mengenai energi dan materi. Mungkin engineer dapat menyusun sebuah alat baru yang lebih kecil, lebih murah, lebih efisien yang memungkinkan para fisikawan untuk menjelajah alam di luar jangkauan teknologi saat ini. Jalan lain yaitu dengan memahami lebih mendalam tentang hukum-hukum dasar fisika seperti fisika kuantum. Dan tentunya, para engineer dan fisikawan akan berkolaborasi untuk memecahkan masalah ini.

Maka dari itu, pentingnya seorang engineer dalam proses menemukan sebuah penemuan ilmiah baru. Dengan berbasiskan teknik, sehingga dapat menciptakan sebuah alat penemuan baru guna mengembangkan teknologi yang ada sebelumnya. Semua hal perlu dipertimbangkan, seperti keterbatasan alam yang ada di dunia ini. Dan hal itu pun menjadi tantangan untuk para engineer, ilmuwan, dan masyarakat itu sendiri. Keberhasilan menciptakan sebuah alat guna mencari jawaban atas misteri alam tidak hanya memajukan pemahaman dan pengetahuan mengenai kehidupan manusia, namun dapat menciptakan para engineer dengan prospek baru yang dapat diterapkan di perusahaan-perusahaan sehingga terciptanya lapangan pekerjaan baru.

Para engineer harus dapat menunjukkan kemajuan terbaru mengenai teknologi modern kepada masyarakat, dan tentunya teknologi tersebut berkontribusi untuk lingkungan, ekonomi, dan masyarakat. Yang terpenting adalah, mengutamakan aspek keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan masyarakat, engineer dapat mengeluarkan jasa hanya di area yang kompeten, dan mengeluarkan statement yang objektif.Tentunya, semua ini demi meningkatikan kesejahteraan hidup dan vitalitas peradaban manusia.

Source: http://www.engineeringchallenges.org/cms/8996/8965.aspx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s