Motivasi

Motivasi merupakan dorongan yang memberikan semangat kepada diri seseorang untuk dapat mengerjakan suatu hal dengan sebaik-baiknya. Setiap usaha yang kita lakukan tentu memiliki suatu tujuan. Namun semuanya membutuhkan proses, yaitu perjalanan untuk mencapai suatu tujuan. Maka dari itu, perlu adanya sebuah dorongan untuk melakukan tindakan guna mencapai tujuan utama kita, yaitu sebuah motivasi. Motivasi dapat berasal dari luar diri kita (eksternal) maupun dari dalam diri kita (internal). Faktor eksternal mencakup hal-hal yang di luar diri kita seperti halnya faktor yang ada di lingkungan sekitar sedangkan faktor internal mencakup hal-hal yang tumbuh dari diri kita sendiri seperti dorongan yang tumbuh dari diri kita untuk mencapai tujuan tersebut. Berbicara mengenai motivasi, begitu pula halnya dengan saya yang mempunyai motivasi sendiri ketika  masuk ke perguruan tinggi ITB.

Pada mulanya, tentu saya merasa bangga setelah melihat pengumuman bahwa saya telah dinyatakan lolos dan diterima di perguruan tinggi yang saya inginkan. Bagaimana tidak, perguruan tinggi yang sekarang saya masuki tersebut merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tentu saja perjuangan untuk dapat berkuliah di ITB tidaklah mudah. Banyaknya saingan yang berasal dari dalam maupun luar kota tidak menyurutkan keinginan saya untuk tetap berjuang masuk ke ITB dengan bermodalkan nilai rapot semester satu hingga lima. Keinginan saya untuk masuk ITB sudah terpikirkan sejak saya duduk di bangku SMP. Maka dari itu, timbullah motivasi dalam diri saya untuk berjuang dari mulai memasuki bangku SMA agar saya mendapat nilai rapot yang bagus di setiap semesternya sehingga saya dapat masuk ke ITB melalui jalur undangan. ITB merupakan tujuan saya, jadi saya harus berusaha mencapai tujuan yang saya inginkan. Motivasi saya masuk ITB dari sisi faktor eksternal adalah karena lokasi perguruan tinggi tersebut yang tidak terlalu jauh dari rumah saya. Saya ingin berkuliah di perguruan tinggi yang berada satu kota dengan rumah saya, jadi saya tidak merencanakan untuk berkuliah di luar kota. Selain itu, motivasi saya adalah karena banyak orang berpendapat bahwa ITB merupakan Institut terbaik bangsa dan seseorang dikatakan hebat apabila dapat berkuliah di ITB. Di samping faktor eksternal saya pun memiliki motivasi dari sisi faktor internal, yaitu karena keinginan yang tumbuh dari dalam diri saya untuk masuk ITB dan dengan memilih ITB saya memilih fakultas STEI karena saya berencana ingin memasuki jurusan informatika atau sistem teknologi informasi. Hal itu dikarenakan saya senang dengan hal berbau komputer dan apliaksi dan saya berencana setelah lulus untuk menadi programmer atau bekerja di perusahaan bidang IT. Namun, setelah saya berkuliah di ITB saya menemukan banyak hal. Saya yang belum memasuki jurusan di ITB tentunya belajar mengenai jurusan lain yang ada di STEI, diantaranya saya belajar salah satu mata kuliah yang berasal dari jurusan elektro dan informatika. Hal ini membuat saya untuk lebih meyakinkan jurusan mana yang akan saya pilih. Maka dari itu saya berusaha untuk meyakinkan jurusan apa yang sebenarnya saya inginkan karena ketika saya mulai mengetahui sedikit tentang jurusan elektro, saya sedikit tertarik.

Oleh karena itu, perlu adanya motivasi untuk mencapai tujuan yang kita inginkan karena motivasi bagaikan akhir dari perjalanan yang kita tempuh. Tanpa adanya motivasi dalam diri kita, tentu kita tidak akan mendapat yang kita inginkan, melainkan kita hanya akan membiarkan kesempatan itu terlewatkan begitu saja tanpa ada perjuangan dan keinginan yang kuat untuk meraihnya. Berkuliah di ITB bukanlah akhir dari tujuan saya, melainkan hanya sebuah sarana guna mencapai tujuan utama ketika saya lulus kuliah nanti. Namun, masuk jurusan yang saya inginkan merupakan tujuan saya yang ingin dicapai dalam waktu dekat.

Leave a Reply

